PERFECT MONEY


Kamis, 17 November 2011


CARA MENGADAKAN PENELITIAN DAN MEMILIH MASALAH
BAB I
PENDAHULUAN
A.      LATARBELAKANG
Dalam makalah yang kami susun ini, kami mencoba untuk mengkaji tentang cara mengadakan penelitian dan memilih masalah. Banyaknya cara jika kita mau mengadakan sebuah penelitian dan biasanya jika mau mengadakan masalah harus dengan sebuah observasi melalui praktek-praktek atau melalui interview. Tentunya jika kita ingin mengadakan sebuah penelitiaan harus ada masalahnya, yaitu masalah yang terjadi dalam social bisa kita angkat.
Sedangkan pembahasan dalam makalah ini bersifat ringkas dan praktis, sekedar menyebutkan dan membahas masalah yang sangat penting dan mengkhususkan pada pembahasan mengenai tata cara mengadakan penelitian dan masalahnya yang menarik, dan sedikit fungsinya.
B.     RUMUSAN MASALAH
a.       Apa fungsi sebuah penelitian
b.      Bagaimana cara mengadakan sebuah penelitian yang baik
c.       Siapa sajakah yang boleh meneliti
d.      Apa sajakah yang bisa dijadikan  masalah
e.       Apa perbedaan penelitian dan masalah
C.      TUJUAN
Makalah ini kami buat dengan dasar pemikiran yang sangat sederhana agar para pembaca mudah  dalam  memahaminya.
sedangkan tujuan pokok dalam makalah ini adalah memberi pengrtian ringkas singkat dan General serta gambaran  tentang cara mengadakan penelitian dan memilih masalah.

BAB II
PEMBAHASAN
a.       Apa fungsi sebuah penelitian?
Jika kita menganggap penelitian sebuah yang tak penting dan buang-buang waktu tidak jelas! Kapankah manusia bisa mengetahui hal-hal disekitar yang sebenarnyaa memiliki sebuah pelajaran yang bisa kita ambil hikmahnya. Kalau kita berpikir sebentar saja. Dari manakah kita mengetahui bahwa air yang sering kita minum yang bila kita pecahkan hanyalah sebuah dua unsure gas yakni H2O↔H2+O2. Meskipun yang sebenarnya unsure diatas sudah tersedia dialam tapi perlu kita ketahui juga bahwa dua unsure gas bisa berubah menjadi zat cair. Jadi sebuah penelitian adalah penting adanya.
b.      Bagaimana cara mengadakan sebuah penelitian yang baik
“Sesuatu yang baik akan menumbuhkan hal yang baik” apakah anda setuju dengan selogan ini. Ya anda passti setuju karena jika hal yang kita teliti adalah sesuatu yang baik dan bermanfaat akan sangat membantu anda dalam hal mamperdalam ulang penelitian anda karena  antusiasme sekitar yang membuat anda puas, yang perlu anda perhatikan dalam meneliti, anda harus jujur dalam menuliskkan fakta hasil yang telah anda dapatkan dalam observasi karena jika kita mengada-ada  akan sangat berbahaya bagi anda dan lingkungan, tak lupa pula buatlah objek penelitian >= 5 objek agar hasilnya bisa lebih akurat dan valid.

c.       Siapa sajakah yang boleh meneliti?
Didunia ini sangat mengenal dengan istilah HAM disinilah kita ambil kebebasan berpendapat dan bereksspresi, jadi siapa saja  yang ingin meneliti  dalam bentuk apapun bertema apa saja. Yang terpenting tidak ada unsure kebohongan dalam isinyya karena  akan menyesatkan.
Bukan prof, Ir,dr,Mpd, dll. Yang  penting anda memiliki kemampuan saja dan memiliki kemauan dalam hal pelaksanaannya.
d.      Apa sajakah yang bisa dijadikan masalah?
Yang terpenting jika  sebuah penelitian akan sangat dihargai  jika hasil dari penelitian itu bermanfaat bagi kehidupan orang banyak dan sangat dibutuhkan minimal untuk sekitar, ada point-point yang harus diprhatikan jika kita memilih masalah yakni masalahnya menarik, logis,dan  inovatif. Jadi masalah apa saja bisa dijaikan bahan penelitian.
e.       Apa perbedaan penelitian dan masalah?
Dalam kontek ini sebuah penelitian tidak akan ada jika tidak adanya masalah, begitu pula sebaliknya jika masalah tanpa ada penelitian tidak  akan ada  solusi.
Jadi penelitian tidak bisa dipisahkan dan dibedakan tapi dalam kontek pembahasan ini. Jika kita membahas perbedaan dan masalah dalam konteks general mungkin  bermakna berbeda tapi kami tidak membahas itu, untuk sedikit gambaran saja, jika penelitian adalah sebuah kegiatan ilmiah yang dilakukan berdasarkan fakta dan objek kajian yang dapat dipertanggung jawabkan. Kalau masalah adalah sebuah kegiatan  yang memiliki bahan penyelasaian karena menurut logika tak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan:
Cara mengadakan penelitian  dan memilih masalahnya yaitu berdasarkan kajian yang objektif dan menarik perlu diingat bahwa kita harus memiliki dasar sumber yang valid pula selain lingkungan sekitar Al quran pula bisa dijadikan sumber pokok kajian yang tak terganti dalam penelitian classic maupun modern


    
      


Tidak ada komentar:

Posting Komentar